Toyota Fortuner SUV Terbaik Indonesia

Fortuner SUV Terbaik
Suksesnya Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011 lalu, tak pelak dipengaruhi oleh salah satu faktor penting, yaitu Toyota Fortuner SUV Terbaik.

Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition adalah ekspedisi lintas benua Asia dan Eropa yang menempuh jarak sejauh 27 ribu km, dari Jakarta ke Italia. Tim yang terdiri dari 16 orang, melintasi 23 negara dan sekitar 60 kota. Mereka mengendarai empat Mobil Toyota Fortuner 2.7 V AT 4 x 4.

Perjalanan itu dikatakan sebagai perjalanan hebat yang menakjubkan, karena pada sepanjang perjalanan lintas benua tersebut beragam tantangan besar harus dilalui. Banjir bandang di Thailand, hamparan padang tandus dan cuaca dingin di China, salju, kontur jalan yang ekstrim, dan berbagai tantangan lainnya.

Perjalanan Hebat Fortuner SUV Terbaik

Tidak banyak ubahan yang dilakukan terhadap keempat SUV Terbaik 2,7 liter bensin dengan sistem penggerak 4x4 itu untuk melakukan "The Great Toyota Fortuner Adventure : EUROASIA". Hanya ada penambahan berupa roof rack, winch (katrol derek), side guard untuk bracket high lift jack (dongkrak untuk mengangkat mobil hingga 1 meter), dan terakhir rak besi di bagian bagasi.

Toyota Grand New Fortuner 2.7 V A/T 4×4 berbahan bakar bensin dengan kapasitas 2700cc yang mengusung mesin 2 TR-FE 2.7 L DOHC 16 Valve VVT-i cukup tangguh dan dapat digunakan di segala medan, serta mendapat sertifikasi kelayakan uji emisi Euro-2.

Fakta bahwa Fortuner Penjelajah Tangguh terbukti dari kemampuannya dalam menerjang banjir bandang di Bangkok, Thailand. Banjir bandang yang meluluhlantakkan kawasan tersebut dapat dilalui keempat unit Toyota Fortuner SUV Terbaik. Tak dapat disangkal lagi, ground clearance Fortuner yang tinggi telah memberikan keuntungan bagi tim dalam menghadapi hadangan yang besar tersebut.

Pasca tantangan tersebut keempat mobil diperiksa di bengkel resmi Toyota setempat. Keempat SUV Terbaik itu dinyatakan dalam kondisi bagus dan dapat langsung meneruskan perjalanan menuju perbatasan Thailand – Laos. Perjalanan ini juga banyak dibantu oleh fitur sistem navigasi yang dimiliki Toyota Fortuner SUV Terbaik.

Tantangan selanjutnya adalah ragam jenis kontur dan iklim yang harus dihadapi tim di China. Untuk melintasi negeri yang menghubungkan Asia Tenggara dan Asia Tengah itu, tim menghabiskan waktu 19 hari 18 malam. Kota Don Huang di Provinsi Gansu merupakan persinggahan pertama tim. Don Huang terkenal dengan padang pasir Mingsha Mountain, yang merupakan hamparan padang pasir tandus.

Suhu pada bulan November di sana merangkak dingin, dan tim sempat mengalami suhu yang mencapai 1 derajat celcius pada saat itu. Toyota Fortuner SUV Terbaik tetap tangguh membawa seluruh tim melintasi jalan menuju tujuan. Sistem penggerak 4x4 menjadi perangkat penting dalam melintasi tantangan tersebut. Dan kombinasi suspensi depan double wishbone with stabilizer dan suspensi belakang 4 Link dengan Lateral Rod telah bekerja dengan sempurna, menghantarkan tim menuju kesuksesan perjalanan.

Gambar Fortuner SUV Terbaik - EUROASIA

Toyota Fortuner SUV Terbaik Indonesia

Di Kota Kun Ming, keempat unit Toyota Fortuner SUV Terbaik yang berhenti sejenak di pinggir jalan, sempat menarik perhatian dan menjadi tontonan penduduk setempat. Di negeri ini, ordometer perjalanan dari Jakarta telah mencapai lebih dari 10.000 km. Perjalanan dilanjutkan ke Chengdu. Rute yang dilewati lebih unik lagi yaitu jalan bebas hambatan yang berada di atas danau. Keempat mobil dapat melesat di jalan tol karena mesin bensin empas silinder berkapasitas 2.7 liter yang didukung teknologi DOHC dan VVT-i telah menghasilkan power yang cukup melimpah.

Medan yang dilalui berada di atas keinggian 2.800 meter dari permukaan air membuat suhu sangat dingin dengan temperatur sekitar 15-17 derajat celcius. Pada ketinggian seperti itu kandungan oksigen di udara menipis dan ini menjadi tantangan serius bagi mesin mobil pada umumnya. Namun bagi Toyota Fortuner SUV Terbaik, hal tersebut tidak menjadi masalah. Tim sama sekali tidak mengalami gangguan. Mesin Fortuner tetap tangguh.

Setelah berbagai rintangan tersebut, tim memasuki kawasan Asia Tengah. Tantangan yang dihadapi di kawasan ini merupakan tantangan yang serius bagi tim dan mobil yang disiapkan untuk kawasan tropis. Pegunungan batu bersalju dengan kontur jalan berliku dan naik turun di Kyrghyztan harus dilalui tim dalam suhu udara dingin hingga kadang-kadang di bawah titik nol derajat celcius.Berkendara hampir 100 km di jalan beralaskan salju tebal dapat dilalui tim dengan ketangguhan Toyota Fortuner SUV Terbaik.

Sepanjang perjalanan melintasi kawasan Asia Tengah hingga Iran, tim harus menghadapi kondisi ekstrim, kondisi di kawasan dengan dataran tinggi yang kering, berbukit-bukit dan keras. Rute yang harus dilalui sampai pada ketinggian 3.900 di atas permukaan laut. Pada ketinggian ini suhu turun hingga di bawah nol derajat celcius dengan kondisi oksigen yang menipis.

Video Fortuner SUV Terbaik - EUROASIA


Toyota Fortuner SUV Terbaik memang tangguh. Semua kondisi ekstrim itu dapat dihadapi tanpa hambatan apapun. Hal ini berkat teknologi VVT-i yang didukung sensor oksigen yang mampu mendeteksi jumlah oksigen yang masuk ke ruang bakar. Dengan begitu sistem bisa menakar kebutuhan oksigen yang diperlukan. Mesin selalu bisa memproduksi tenaga sesuai kebutuhan karena katup masuk ke ruang bakar bisa dikendalikan lama bukaannya, disesuaikan dengan kondisi medan dan beban mobil.

Empat unit Fortuner masih melesat dengan kecepatan tinggi di Iran melewati highway menuju Turki sebagai pintu gerbang Eropa untuk menuntaskan perjalanan. Dengan kecanggihan mesin dan semua sistem pendukungnya, Toyota Fortuner SUV Terbaik dapat melewati berbagai tantangan ekstrim hingga sukses menemani perjalanan anak bangsa mencapai tujuan akhir perjalanan.